Pelaksanaan Strategi Target Pasar

Strategi pemasaran perusahaan merupakan suatu rencana keseluruhan jangka panjang untuk mencapai tujuan, yang digunakan sebagai pedoman bagi kegiatan pemasaran produk perusahaan. Dalam penentuan strategi target pasar ini, dapat dilaksanakan dengan membuat beberapa macam keputusan seperti :
  1. Konsumen manakah yang akan dituju?
  2. Kepuasan seperti apakah yang diinginkan konsumen tersebut?
  3. Marketing mix seperti apa yang dapat digunakan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen tersebut?
Stretegi pemasaran ini perlu ditetapkan karena salah satu tujuan pemasaran suatu produk adalah memberikan kepuasan kepada konsumen. Strategi pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan adalah menyesuaikan harga produk yang tepat, saluran distribusi yang efektif serta advertensi yang tepat, sehingga perusahaan dapat menjangkau pasar sasaran atau target pasar yang telah ditentukan.

Langkah untuk menentukan target pasar

Dalam menentukan target pasar, adapun langkah – langkah yang perlu ditempuh sebelumnya, yakni :
  1. Menilai laba potensial dari berbagai segmen pasar. Suatu perusahaan harus dapat memperkirakan bersarnya penjualan, yang dapat dicapai dan biaya yang timbul dalam pemasaran produk untuk segmen pasar tersebut.
  2. Menganalisis kesempatan yang diperoleh perusahaan dalam segmen pasar tersebut, dan kemampuan perusahaan dalam melayaninya.
  3. Mengkaji kemungkinan berhasilnya perusahaan dalam menguasai serta mencapai target psar dari segmen pasar tersebut. Hal ini dilakukan melalui penilaian strategi pemasaran yang dijalankan.

Tiga alternatif strategi target pasar

Dalam rangka pelaksaan startegi target pasar, terdapat tiga alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh suatu perusahaan. Tiga alternatif strategi target pasar tersebut dapat meliputi :

1. Undifferentiated marketing
Undifferentiated marketing merupakan suatu usaha perusahaan yang dilakukan dengan jalan meninjau pasar secara keseluruhan dan memusatkan pada kemasan – kemasan barang untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen.

Penggunaan strategi ini didasarkan pada adaya penghematan ongkos perusahaan pada umumnya. Dengan menggunakan strategi undifferentiated marketing ini, maka perusahaan meninjau secara keseluruhan tanpa membeda – bedakan konsumen.

Perusahaan memusatkan perhatiannya hanya pada kesamaan kebutuhan konsumen secara umum. Perusahaan berusaha menarik semua konsumen dan memenuhi kebutuhan semua konsumen. Hal ini dikarenakan pasar yang dituju bersifat massal, maka teknik pemasaran yang diperlukan pun juga bersifat massal.

2. Differentiated marketing
Differentiated marketing merupakan usaha perusahaan untuk mengidentifikasi kelompok pembeli tertentu dengan membagi pasar ke dalam dua kelompok atau lebih. Dengan strategi ini, perusahaan hanya melayani kebutuhan dua atau lebih kelompok konsumen tertentu dengan jenis produk tertentu pula.

Dalam hal ini, perusahaan mempunyai tujuan ingin meningkatkan jumlah penjualan barang dan jasa, serta ingin mendapatkan kedudukan yang kuat pada setiap segmen pasar. Perusahaan akan menghasilkan dan memasarkan produk yang berbeda – beda untuk setiap kelompok konsumen tertentu tersebut.

Karena perusahaan telah mengarahkan usahanya pada keinginan konsumen tertentu, maka diharapkan perusahaan bisa mendapatkan loyalitas, kepercayaan serta pembelian ulang dari kelompok konsumen tersebut.

3. Concentrated marketing
Concentrated marketing merupakan bentuk usaha perusahaan untuk memusatkan pemasaran produk – produknya pada satu atau beberapa kelompok pembeli yang dianggap potensial saja. Strategi concentrated marketing ini dilakukan apabila perusahaan yang bersangkutan tidak berhasil melayani kelompok pembeli yang banyak.

Oleh sebab itu, usaha pemasaran produk perusahaan pun harus dipusatkan pada kelompok pembeli potensial yang lebih banyk menguntungkan. Tujuan dari startegi concentrated marketing ini adalah untuk memperoleh keduduukan yang kuat di dalam suatu segmen pasar yang dilayaninya dan ingin mendapatkan penghematan dalam operasi pemasaran. Hal ini dapat terjadi karena adanya spesialisasi dalam produk, promosi, harga dan juga distribusi.

Simak juga: Memahami Pengertian Posisi Pasar dan Kriterianya

Pemilihan strategi target pasar

Karena ada beragam strategi target pasar yang dapat dipilih, maka perusahaan pun harus pandai – pandai dalam memilih strategi target pasar yang paling tepat dengan kondisi perusahaan untuk dapat dilakukan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan strategi target pasar suatu perusahaan. Berikut adalah faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi target pasar:

1. Sumber – sumber perusahaan
Semisal suatu perusahaan hanya memiliki sumber daya yang sangat terbatas, maka akan lebih tepat bila perusahaan tersebut memilih strategi target pasar dengan concentrated marketing.

2. Homogenitas produk
Untuk produk yang bersifat homogen, maka strategi pasar yang lebih tepat adalah dengan undifferentiated marketing.

3. Tahap – tahap siklus kehidupan produk
Stretegi pasar yang tepat untuk produk baru adalah undifferentiated marketing, sedangkan untuk produk – produk yang banyak variasinya dapat digunakan juga strategi concentrated marketing. Pada tahap kedewasaan dalam produk, maka lebih tepat digunakan differentiated marketing.

4. Homogenitas pasar
Undifferentiated marketing adalah pilihan yang paling cocok bagi pasar yang homogen. Hal ini karena pembeli memiliki cita rasa yang sama, jumlah pembelian yang sama dan reaksi yang sama pula terhadap usaha pemasaran perusahaan.

5. Strategi pemasaran pesaing
Bila mengahadapi pesaing yang menempuh strategi target pasar yang sama dengan strategi perusahaan, maka perusahaan tersebut harus lebih aktif dalam mengadakan segmentasi untuk mendapat keberhasilan.