Tata Cara Menulis Surat Penawaran dan Contohnya

Menulis Surat Penawaran Lengkap dengan Contoh Surat Penawaran


Dalam dunia bisnis, surat penawaran adalah salah satu hal yang teramat penting. Semakin ketatnya persaingan antar pedagang memang terus memaksa para penjual agar dapat menawarkan barang – barang dagangannya secara lebih efektif dan lebih gesit.

Menawarkan barang – barang produksi atau dagangan memang bukan perkara mudah. Ada berbagai hal yang harus diusahakan untuk itu. Misalnya saja dengan menggunakan surat penawaran. Surat penawaran ini juga disebut sebagai offerte.

Seorang penjual dapat memberikan surat penawaran karena diminta atau pun tidak diminta oleh calon pembeli. Penawaran yang dibuat karena adanya permintaan penawaran dari calon pembeli dikenal sebagai surat surat penawaran yang diminta. Sedangkan surat penawaran yang diberikan oleh penjual sendiri secara inisiatif disebut surat penawaran tanpa diminta.

Sudah jadi keharusan bagi para penjual untuk selalu aktif menawarkan barang – barang dagangannya, tanpa peduli apakah ada permintaan penawaran atau tidak. Degan demikian, maka barang dagangannya pun dapat lebih dikenal oleh umum.

Isi surat penawaran
Di dalam surat penawaran yang baik, maka hendaknya memuat beberapa informasi yang penting untuk diketahui calon pembeli. Informasi penting yang hendaknya dimuat dalam surat penawaran ini misalnya :
1.      Nama dan macam barang
2.      Kualitas barang
3.      Banyaknya barang
4.      Harga satuan
5.      Syarat penyerahan
6.      Syarat pembayaran
7.      Sifat pembayaran

Cara menyusun surat penawawan
Dalam menyusun surat penawaran, maka hendaknya ada beberapa pedoman untuk diketahui. Berikut ini adalah pedoman dalam menyusun surat penawaran.
1.      Bila surat penawaran ini adalah jawaban dari surat permintaan penawaran, maka hubungkan jawaban dengan menunjukkan tanggal dan nomor surat permintaannya.
2.      Berikan pula keterangan – keterangan yang jelas untuk bahan – bahan yang dimintanya.
3.      Kerjakan surat penawaran ini dengan sesegera mungkin dan dengan cara yang menyenangkan. Jika dianggap perlu, dapat juga diberikan keterangan – keterangan lain yang terkait.
4.      Jika mungkin, lampirkan keterangan – keterangan lain yang dapat membantu, seperti pamflet – pamflet, daftar harga, brosur, prospectus dan lainnya.
5.      Akhiri surat dengan menyampaikan capan terima kasih dan menyatakan penghargaan atas perhatiannya.

Contoh surat penawaran sebagai jawaban atas datangnya surat permintaan penawaran

PT JAYA KARTA
Jalan Hayam Wuruk 99 Jakarta Pusat
------------------------------------------------------------------------------
No                        : 99/YAT/X/2015                                            21 Oktober 2015
Lampiran  : satu
Hal           : Penawaran harga sabun

Toko Serba Andalan
Jalan Raya A Yani 90
Surakarta

Dengan hormat,
Memenuhi permintaan Saudara dengan surat tanggal 20 Oktober 2015 No. 11/P/15, kami beri tahukan bahwa harga :
Sabun cuci cap Mawar            Rp 205.000,00/ peti
Sabun mandi cap Mawar        Rp 125.000,00/ peti
Setiap peti berisi 50 batang. Ongkos kirim menjadi tanggunangan kami. Pembayaran segera setelah barang Saudara terima. Untuk pembelian sekurang – kurangnya 500 batang setiap macam kami berikan rabat 8 %.
Pada kesempatan ini kami juga mengirimkan beberapa batang sebagai contoh. Selain memproduksi sabun, kami juga memproduksi barang – barang lain seperti tercantum dalam daftar harga yang kami lampirkan pada surat ini.
Kami menugunggu pesanan Saudara yang akan kami layani dengan sebaik – baiknya.

Hormat kami,
PT JAYA KARTA
Ttd
Satria Badar


Direktur