Pengertian Akuntansi dan Bidang Bidang Spesialisasi Akuntansi

Memahami Pengertian Akuntansi dan Bidang Spesialisasi di Dalamnya


Ilmu akuntansi adalah salah satu yang paling banyak dipelajari dalam dunia pendidikan. Ilmu akuntansi memang memiliki peran yang cukup penting dalam relasi manusia, terutama dalam bidang ekonomi dan bisnis.

Setiap kegiatan ekonomi, ilmu akuntansi tentu diperlukan untuk memperlancar kegiatannya. Karenanya, tak heran kalau ilmu akuntansi ini banyak dipelajari dan banyak diminati. Nah, untuk itu, sebelum masuk ke pelajaran akuntansi, alangkah lebih baiknya bila kita memahami apa sebenarnya pengertian dari akuntansi dan juga bidang – bidang spesialisasi akuntansi yang ada.

Pengertian akuntansi
Pengertian akuntansi dalam arti luas adalah proses identifikasi, pengukuran dan penyampaian informasi ekonomis untuk memungkinkan pembuatan pertimbangan – pertimbangan dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh pemakai informasi tersebut.

Pengertian akuntansi juga bisa dijelaskan dalam arti sempit. Pengertian akuntansi dalam arti sempit ini adalah suatu proses yang meliputi pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran dan penyajian laporan mengenai transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu periode tertentu.

Baca juga : Memahami Elemen pada Neraca Akuntansi

Tahapan proses kegiatan akuntansi
Semua transaksi keuangan perusahaan yang terjadi dalam periode tertentu diproses dalam tahap – tahap kegiatan akuntansi. Tahap pemrosesan tersebut yakni, sebagai berikut :
1.      Pengidentifikasian dan pengukuran
2.      Pencatatan
3.      Penggolongan
4.      Pengikhtisaran
5.      Penyusunan laporan keuangan
Pengertian Akuntansi

Bidang Bidang Spesialisasi Akuntansi
Bidang bidang spesialisasi akuntansi adalah bidang ilmu lain yang lebih sempit lagi dari ilmu akuntansi itu sendiri. Bidang spesialisasi akuntansi ini muncul karena adanya tuntutan perkembangan ekonomi yang semakin pesat, yang menuntut timbulnya pengkhususan bidang kegiatan akuntansi.
Bidang spesialisasi akuntansi ini meliputi :
1.      Akuntansi keuangan
2.      Akuntansi biaya
3.      Akuntansi perpajakan
4.      Akuntansi anggaran
5.      Akuntansi pemeriksaan
6.      Akuntansi pemerintah

Berikut adalah penjelasan dari bidang spesialisasi akuntansi yang ada :
Akuntansi keuangan (financial accounting)
Akuntansi biaya adalah akuntansi yang sasaran atau objek kegiatannya mengenai transaksi keuangan yang menyangkut perubahan harta, duta dan modal suatu perusahaan.

Akuntansi biaya (cost accounting)
Akuntansi biaya adalah akuntansi yang sasaran kegiatannya adalah transaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya – biaya dan memiliki tujuan menyediakan informasi biaya.

Akuntansi perpajakan (tax accounting)
Akuntansi perpajakan adalah kegiatan akuntansi yang berhubungan dengan penentuan objek pajak yang menjadi beban perusahaan serta perhitungannya untuk kepentingan penyusunan laporan pajak.

Akuntansi anggaran (budgetary accounting)
Akuntansi anggaran adalah ilmu akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan pengumpulan atau pengolahan data operasi keuangan yang sudah jadi, serta tafsiran kemungkinan yang akan terjadi untuk kepentingan penetapan rencana operasi keuangan perusahaan atau anggaan dalam suatu periode tertentu.

Akuntansi pemeriksaan (audition accounting)
Akuntansi pemeriksanaan adalah ilmu akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan pemeriksaan terhadap catatan – catatan hasil kegiatan akuntansi keuangan yaitu untuk menguji kelayakan laporan keuangan yang dihasilkannya.

Akuntansi pemerintah (government accounting)


Akuntansi pemerintah adalah bidang – bidang akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan masalah pemeriksaan keuangan negara atau administrasi keuangan negara.