Pengertian dan Jenis Surat Dinas

Pengertian Surat Dinas

kejuruan.porosilmu.com - Pengertian surat dinas adalah surat yang berisi tentang administrasi pemerintah yang dibuat oleh lembaga pemerintah. Surat dinas disebut juga sebagai surat resmi karena dikeluarkan oleh instansi pemerintah.

Karena surat dinas dikeluarkan oleh instansi pemerintah, maka dalam penulisan suratnya pun ada korelasi antara peraturan pemerintah yang telah ditetapkan dengan peraturan yang telah diputuskan oleh masing – masing departemen.


Jenis – jenis surat dinas

1. Surat pemberitahuan
Surat pemberitahuan merupakan surat yang berisi pemberitahuan kepada semua anggota lingkungan kerja agar mereka mengetahui suatu hal tertentu terkait apa yang perlu diketahui.

2. Surat undangan
Surat undangan merupakan surat pemberitahuan yang sifatnya mengharapkan kehadiran seseorang atau sekelompok orang untuk berpartisipasi dalam suatu acara tertentu di tempat dan pada waktu tertentu.

3. Surat kuasa
Surat kuasa merupakan surat yang berisi pelimpahan wewenang kepada seseorang atau pejabat yang dapat dipercaya untuk bertindak mewakili orang yang memberi kuasa, dikarenakan orang yang bersangkutan tidak dapat melaksanakannya sendiri.

4. Surat keterangan
Surat keterangan merupakan surat yang isinya menerangkan tentang aktivitas seseorang atau sesuatu hal.

5. Surat memo atau nota dinas
Surat memo yang juga disebut sebagai nota dinas ini merupakan surat khusus yang dipergunakan secara interen dalam suatu unit organisasi yang dilaksanakan oleh pejabat kantor. Simak juga: contoh memo untuk instansi atau umum.

6. Surat edaran
Surat edaran merupakan surat yang dibuat untuk memberitahukan sesuatu yang ditujukan kepada beberapa orang atau kepada banyak pihak sekaligus. Simak juga: contoh surat edaran dalam surat dinas.

7. Surat pengantar
Surat pengantar dalam surat dinas merupakan surat yang digunakan untuk mengantar sesuatu dengan maksud agar orang yang menerimanya mengetahui maksud sesuatu yang diterimanya.

8. Surat perintah
Surat perintah merupakan surat yang dikeluarkan oleh suatu instansi / pihak yang lebih tinggi yang ditujukan kepada pihak / instansi yang lebih rendah, agar bawahan itu berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu sebagaimana dijelaskan dalam surat perintah tersebut. Simak juga: contoh surat perintah perjalanan dinas.

9. Surat instruksi
Surat instruksi merupakan surat yang berisi perintah dan petunjuk – petunjuk yang bersumber pada peraturan dan kebijaksanaan pimpinan.

10. Surat tugas
Surat tugas merupakan surat yang datang dari pihak lebih tinggi / pejabat untuk menugaskan kepada bawahan agar melakukan pekerjaan tertentu. Simak juga: contoh surat tugas perjalanan dinas.